- Beranda

ads

‘’Berkenalan’’ dengan Para Tokoh Industri Kretek

Foto tokoh pendiri kretek nasional terpampang di Museum Kretek Kudus
Mau tahu, siapa saja tokoh-tokoh pendiri dan pengembang industri kretek di tanah air? Jika tertarik untuk ‘’berkenalan’’ dengan mereka, Anda bisa datang ke Museum Kretek, Kudus, dan bisa ‘’menyapanya’’ di sana.
Perkenalan dengan para tokoh itu, dengan melihat 11 foto para tokoh pengusaha kretek (rokok) di kota Kudus. Mereka antara lain Ki. Nitisemito (pendiri Bal Tiga), M. Atmowidjojo (pendiri Goenoeng Kedoe), dan HM. Ma'ruf (Djambu Bol). 
Selain foto para tokoh kretek itu, Museum Kretek juga menyimpan banyak barang bernilai seni tinggi, antara lain lukisan, patung, dan miniatur yang menggambarkan proses pembuatan rokok kretek yang sunggug mengesankan.
Tak pelak, Museum Kretek ini pun ibarat ‘’galeri’’ yang bisa dijadikan salah satu rujukan untuk mengetahui sejarah perkretekan nasional. Museum Kretek sendiri juga menjadi museum yang khas, karena satu-satunya ada di Kudus.
Museum Kretek diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri waktu itu, H. Soepardjo Roestam pada 3 Oktober 1986. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pula yang konon mendorong untuk menciptakan tarian khas Kudus, yang kemudian memunculkan Tari Kretek. (drs)
‘’Berkenalan’’ dengan Para Tokoh Industri Kretek ‘’Berkenalan’’ dengan Para Tokoh Industri Kretek Reviewed by IkiCahUMK on Kamis, Januari 14, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Promo

ads
Diberdayakan oleh Blogger.